Type Here to Get Search Results !

JANGAN BERPALING DARI PERINGATAN ALLAH ﷻ


Oleh: Mutiara Aini

Dalam hidup ini kita seringkali menyibukkan diri dengan hal-hal atau perbuatan yang dilarang dalam Islam. Dalam hal ini pun, Rasulullah ﷺ sudah memperingatkan untuk meninggalkan hal yang tidak bermanfaat.

Abu Hurairah radhiyallahu anhu dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Di antara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat." (HR Tirmidzi no.2317 dan Ibnu Majah no.3976)

Kemudian Allah ﷻ mengutus para rasul dan menurunkan kitab-Nya sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. Hal ini bertujuan agar manusia terhindar dari rayuan setan, termasuk hidup dalam kekufuran dan kemaksiatan.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

فَاِ نْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۗ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ
fa ing tawallau fa qul hasbiyallohu laaa ilaaha illaa huw, 'alaihi tawakkaltu wa huwa robbul-'arsyil-'azhiim
"Maka jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah (Muhammad), Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy (singgasana) yang agung." (QS. At-Taubah 9: Ayat 129)

Dalam ayat ini Allah ﷻ memerintahkan kepada Nabi Muhammad ﷺ dan umatnya bahwa jika orang-orang kafir dan munafik itu tidak juga mau beriman setelah didatangkan kepada mereka petunjuk, maka katakanlah kepada mereka, "Cukuplah Allah bagiku, dan Dia akan menolongku, tidak ada Tuhan yang lain yang disembah, selain Dia, hanya kepada-Nya-lah aku bertawakal dan menyerahkan diri, dan hanya Dialah yang mengatur dan mengurus alam semesta, Dia memiliki 'Arsy yang Agung."

Imam Al Ghazali juga memberikan nasihat kepada muridnya dalam kitab Ayyuhal Walad. Kemudian, dia menyampaikan nasihat atau sabda Nabi Muhammad ﷺ kepada umatnya.

"Tanda berpalingnya Allah dari hamba-Nya adalah dia (hamba) disibukkan dengan sesuatu yang tidak bermanfaat dan sesungguhnya orang yang telah kehilangan sesuatu dari umurnya untuk selain ibadah, tentu sangat layak baginya kerugian yang panjang. Barang siapa umurnya telah melebihi 40 tahun sementara amal kebaikannya tidak melebihi amal keburukannya maka bersiap-siaplah masuk neraka."

Sebagai umat Islam, tentu kita ingin diperhatikan dan dicintai oleh Allah ﷻ. Namun, ada hal paling celaka bagi seorang manusia adalah berpalingnya Allah ﷻ darinya. Astaghfirullah hal'adzim~

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.