Type Here to Get Search Results !

MENGKRITIK PENGUASA "EGOIS DI AKHIRAT LEBIH UTAMA"


Oleh: Lia Herasusanti

"Yaelah, beli mobil bisa, masa bensin naik 2 ribu aja ribut!, pake demo-demo segala!."

Pernah mendenger ada yang berbicara seperti ini? Ada! Kenaikan BBM ini memang disikapi beragam oleh masyarakat. Ada yang mengeluh karena dampaknya mengakibatkan naiknya harga-harga barang kebutuhan lainnya. Ada pula yang tenang-tenang saja. Karena bagi mereka kenaikan harga tersebut tak berpengaruh bagi stabilitas ekonomi keluarganya.

Bagi yang tak merasa kenaikan harga BBM ini mempengaruhi kehidupannya, cobalah tengok sekeliling. Bagaimana kondisi masyarakat pada umumnya. Jika sebelum kenaikan BBM saja banyak yang hidup pas-pasan, maka setelah kenaikan BBM bisa dipastikan kehidupan mereka jauh lebih sulit.

Dan yang perlu dipahami juga adalah bahwa sebagai muslim, bukan asal kebutuhan pribadi tercukupi, tapi ada tanggung jawab lain terkait kondisi ini. Sebagaimana hadits Rasulullah ﷺ berikut,

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمْ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمْ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ وَمَنْ بَطَّأَ بِهِ عَمَلُهُ لَمْ يُسْرِعْ بِهِ نَسَبُهُ
Dari Abu Hurairah Radhiallahuanhu, dari Rasulullah Shallallahu ’Alaihi wasallam bersabda: Siapa yang membantu menyelesaikan kesulitan seorang mukmin dari sebuah kesulitan di antara berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan salah satu kesulitan di antara berbagai kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim Allah akan tutupkan aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan selalu menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu menolong saudaranya. Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka akan Allah mudahkan baginya jalan ke surga. Tidaklah sebuah kaum yang berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah (maksudnya masjid, pen) dalam rangka membaca kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan niscaya akan diturunkan kepada mereka ketenangan dan dilimpahkan kepada mereka rahmat, dan mereka dikelilingi para malaikat serta Allah sebut-sebut mereka kepada makhluk yang ada di sisi-Nya. Dan siapa yang lambat amalnya, hal itu tidak akan dipercepat oleh nasabnya. (HR. Muslim No. 2699, At Tirmidzi No. 1425, Abu Daud No. 1455, 4946, Ibnu Majah No. 225, Ahmad No. 7427, Al Baihaqi No. 1695, 11250, Ibnu ‘Asakir No. 696, Al Baghawi No. 130, Ibnu Hibban No. 84)

Mengoreksi penguasa dzolim yang menyulitkan urusan rakyatnya adalah upaya kita mendapatkan kemudahan Allah di akhirat kelak.

Jikapun kita termasuk orang yang egois, hanya mementingkan diri sendiri, bukanlah egois akan kehidupan akhirat adalah lebih utama?

وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ
"Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal." (QS. Al A'la: 17)

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.