Type Here to Get Search Results !

MERASA DITINGGALKAN, LEPASKANLAH!


Oleh: Lia Herasusanti

Imam Syafii pernah ditanya, “Bagaimana kami mengetahui pengikut kebenaran di zaman (penuh) fitnah?” Beliau menjawab, “Ikutilah panah-panah musuh (mengarah kepada siapa), maka itu akan menunjukimu pada mereka”.

Seharusnya, petunjuk Imam Syafi'i ini jelas bagi orang beriman. Ia akan mudah menentukan sikap dimana harus berada. Tak ada keraguan, tak ada hal yang membuatnya bimbang. Ia tahu siapa yang harus dibela dan apa yang harus diperjuangkan.

Namun tak dapat dipungkiri, ketakutan akan kesulitan hidup dan ancaman, kadang dapat menggoyahkan sikap yang diambil. Karenanya, bagi yang merasa ditinggalkan, lepaskanlah! Setiap orang bertanggungjawab dengan apa yang dilakukannya.

Tugas kita hanya menyampaikan dan mengingatkan jika keliru. Cukup! Tidak perlu memperbesar keterpecahan kaum muslimin. Doakan semoga Allah membukakan hatinya untuk menyadari kesalahannya dan mengetahui disisi mana ia harus berjuang. Sementara kita? Tetaplah istiqomah dalam dakwah menyampaikan kebenaran.

Dalam surat Al Furqan ayat 57 menerangkan,

قُلْ مَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ إِلَّا مَنْ شَاءَ أَنْ يَتَّخِذَ إِلَىٰ رَبِّهِ سَبِيلًا
"Katakanlah: "Aku tidak meminta upah sedikit pun kepada kamu dalam menyampaikan risalah itu, melainkan (mengharapkan kepatuhan) orang-orang yang mau mengambil jalan kepada Tuhannya."

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ
“dan Allah lebih tahu yang sebenar-benarnya”

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.